Beberapa Penyebab Keputihan

Beberapa Penyebab Keputihan

Ada berbagai macam penyebab keputihan, baik dari pola hidup, makanan maupun dari psikologi penderitanya. Walaupun hanya keputihan, jika dibiarkan saja bisa bertambah parah dan sangat mengganggu, apalagi jika bau nya sangat busuk. Membuat para penderitanya menjadi tidak nyaman untuk keluar rumah.

Keputihan (vaginal candidiasis) atau infeksi di bagian kewanitaan utamanya disebabkan jamur candida, selain juga oleh bakteri. Jamur yang tumbuh di vagina secara berlebihan ini dipicu beberapa faktor di antaranya asupan makanan. Konsumsi makanan berkadar gula tinggi menjadi faktor risiko munculnya keputihan. Contohnya donat, permen, serta makanan manis lainnya yang dikonsumsi berlebihan.

Menurut dokter spesialis obstetri dan ginekologi, terdapat tiga buah yang menyebabkan keputihan jika dikonsumsi berlebihan, yakni nenas, bengkoang, dan mentimun. Jika makanan ini dikonsumsi tidak berlebihan dan makan makanan dengan menu seimbang, tentunya tak lantas menyebabkan keputihan.

Mengurangi atau menyeimbangkan makanan yang memicu risiko keputihan menjadi salah satu cara mencegah penyebaran jamur di vagina. Cara lain yang bisa dilakukan perempuan adalah dengan menjaga kebersihan tubuh terutama organ intim.

Karena faktor kebersihan yang kurang baik dapat menjadi penyebab keputihan. Kebersihan di darerah alat kelamin haruslah terjaga dengan baik. Jika, daerah alat kelamin tidak dijaga kebersihannya akan menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya keputhan. Hal ini menyebabkan kelembaban alat kelamin mengalami peningkatan dan hal ini membuat penyebab infeksi berupa bakteri patogen akan sangat mudah untuk menyebarnya.gambar beberapa penyebab keputihan

Selain karena faktor makanan dan faktor kebersihan, ada hal-hal lain yang menjadi penyebab keputihan, yaitu seperti terlalu sering menggunakan obat antibiotika, kontrasepsi oral terutama pil, menggunakan celana ketat berbahan nilon dan yang terpenting adalah stress.

Semua organ tubuh kinerjanya di pengaruhi dan dikontrol oleh otak, maka ketika reseptor otak mengalami kondisi stress hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh dan hal ini menjadi penyebab keputihan.

Seharusnya perempuan perlu lebih peduli mengenai kebersihan area vaginanya untuk mencegah keputihan. Bagaimanapun, salah satu penyakit yang paling umum diderita perempuan ini memiliki risiko dan tidak bisa dianggap sepele. Memiliki vagina yang sehat tentunya akan menghindarkan perempuan dari berbagai risiko penyakit kelamin.

Demikian beberapa penyebab keputihan yang harus diketahui oleh para wanita, agar penyakit keputihan bisa dihindari, atau minimal tidak terlalu parah.

You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

Comments links could be nofollow free.

Powered by WordPress | Designed by: Themes Gallery. | Thanks to CD, Savings Account and Free WordPress Themes
You might also likeclose